RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) ANTROPOLOGI
BERBASIS KKNI
DAN KESATUAN ILMU (UNITY OF SCIENCE)
PRODI KPI, BPI,
PMI, MD, DAN MHU
Dosen : Ahmad
Faqih, S.Ag, M.Si
A. CAPAIAN
PEMBELAJARAN MATAKULIAH
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang
budaya dan keragaman budaya sehingga mampu memanfaatkannya bagi pengembangan
dakwah dengan spesifikasi jurusannya masing-masing
B. DESKRIPSI
MATAKULIAH
Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk
memberikan pengetahuan mengenai budaya dan keragamannya. Pengetahuan ini
dibutuhkan sebagai prasyarat profesional atas keilmuan Dakwah. Dengan
pengetahuan budaya dan keragaman budaya ini diharapkan mahasiswa dapat
memanfaatkannya dalam profesinya maupun dalam kehidupan mereka dalam
masyarakat.
Minggu ke |
Kemampuan yang
diharapkan |
Bahan Kajian |
Deskripsi
Tugas |
Konten
Kesatuan Ilmu |
Metode
Pembelajaran |
Waktu Belajar
(menit) |
Kriteria
Penilaian |
Bobot Nilai |
Referensi |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
1 dan 2 |
Memiliki
pengetahuan dan memahami tentang
Antropologi |
Kajian
Antropologi, yang meliputi:: a.
pengertian Antropologi dari segi etimologi dan terminologi b.
Bidang kajian Antropologi c.
Metode Ilmiah dalam Antropologi d.
Hubungan Antropologi dengan Ilmu Sosial yang lain |
Setiap
mahasiswa membuat resume karya ilmiah |
Antropologi merupakan salah satu ilmu tentang kebudayaan Islam |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
680 |
Kebenaran penjelasan |
10 % |
2,
5 |
3 dan 4 |
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep kebudayaan yang harus
dijalankan menuju tujuan. |
Mahasiswa
memahami dan dapat menjelaskan
beberapa konsep kebudayaan |
Setiap
mahasiswa membuat resume karya ilmiah |
Konsep kebudayaan Islam menurut intelektual muslim |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
680 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10% |
1,
2 |
5 dan 6 |
Memiliki
kemampuan memahami, teori-teori dalam Antropologi |
Mahasiswa
memahami tentang teori-teori dalam Antropologi. |
Setiap
mahasiswa membuat resume karya ilmiah |
Teori-teori antropologi karya intelektual muslim |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
680 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10% |
2,
6 |
7,8 |
Memahami
makna dinamika budaya |
Mahasiswa
dapat memahami berbagai dinamika budaya dan merefleksikannya dalam kehidupan
akadems dan praktis |
Mahasiswa secara berkelompok membuat paper
ilmiah |
Dinamika budaya dalam komunitas muslim |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
680 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
5% |
1,9 |
9 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
||||||||
10 |
Mahasiswa
dapat mengetahui, memahami ,menerapkan pengetahuan mengenai hubungan antara
diri, keluarga, dan budaya itu dalam kehidupan akademik dan praktis. |
Mahasiswa
dapat mengetahui, memahami ,menerapkan pengetahuan mengenai hubungan antara
diri, keluarga, dan budaya itu dalam kehidupan akademik dan praktis. |
Mahasiswa secara berkelompok membuat paper
ilmiah hasil observasi |
Kosnep keluarga dalam perspektif Islam |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
340 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
15 % |
` 1 |
11 |
Mahasiswa
dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang hubungan
antara keragaman budaya dengan konflik dalam kehidupan akademis dan praktis |
Mahasiswa
dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang hubungan
antara keragaman budaya dengan konflik dalam kehidupan akademis dan praktis |
Mahasiswa secara berkelompok membuat paper
ilmiah hasil observasi |
Fenomena keragaman budaya dalam
komunitas muslim |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
340 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10 % |
10,
11 |
12 |
Mahasiswa
dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang struktur
sosial dalam masyarakat ke dalam kehidupan akademis dan praktis |
Mahasiswa
dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang struktur
sosial dalam masyarakat ke dalam kehidupan akademis dan praktis |
Mahasiswa secara berkelompok membuat paper
ilmiah hasil observasi |
Struktur sosial dalam komunitas muslim |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
340 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10 % |
8 |
13 |
Memiliki
pengetahuan mengenai hubungan antara agama dan budaya |
Mahasiswa
dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang hubungan agama
dan budaya |
Mahasiswa secara berkelompok membuat paper
ilmiah hasil observasi |
KOnsep Islam tentang hubungan agama dan budaya |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
340 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10 % |
7 |
14 |
Memiliki
pengetahuan tentang hubungan media dan budaya |
Mahasiswa
dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang hubungan antara media dan budaya ke dalam kehidupan
akademis dan praktis |
Mahasiswa secara berkelompok membuat paper
ilmiah hasil observasi |
Konsep Islam tentang hubungan media dan budaya |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
340 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10 % |
11 |
15 |
Memiliki
pengetahuan tentang konsep kesatuan
nasional dan aneka suku bangsa di Indonesia |
-
Mahasiswa mengetahui konsep kesatuan nasional -
Mahasiswa dapat mengetahui, dan memahami aneka suku bangsa di Indonesia. |
Mahasiswa secara berkelompok membuat paper
ilmiah hasil observasi |
Konsep kesatuan ertnis dalam perspetif Islam |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
340 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10 % |
3,4 |
16 |
UAJIAN AKHIR SEMESTER |
Daftar
Referensi:
- Koentjaraningrat, 1986. Pengantar Antropologi, Jakarta: Aksara Baru
- …………………, 1990. Sejarah Teori Antropologi,
Jakarta: UI Press
- …………………, 1993. Masalah Kesukubangsaan dan
Integrasi Nasional, Jakarta: UI Press
- …………………, 2002. Manusia dan Kebudayaan
Indonesia, Jakarta: UI Press
- . T.O. Ihromi, 2001. Pokok-pokok Ilmu Antropologi, Jakarta: Gramedia.
- J.Van Baal, 1988. Sejarah dan Pertumbuhan Teori
Antropologi Budaya, Jakarta: Gramedia
- Clifford Geertz, 1992. Kebudayaan dan Agama,
Yogyakarta: Kanisius
- Nasikun, Sistem Sosial Budaya di Indonesia,
Jakarta: Rajawali Press
- Ralph Linton, 1984. Antropologi Suatu
Penyelidikan tentang Manusia, Bandung: Jemmars.
10.
Fredrik Bart, 1988. Kelompok Etnik dan Batasannya,
Jakarta: UI Press.
11.
Musahadi
(ed.), 2007. Mediasi dan Resolusi Konflik
di Indonesia, Semarang: Pusat Mediasi IAIN Walisongo
12.
Mansur Faqih,
2003. Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tugas
Mahasiswa dan Penilaiannya:
1.
Tugas
Tugas
Individu : Mahasiswa membuat resume karya ilmiah
Tugas Kelompok
: Mahasiswa secara berkelompok membuat
makalah ilmiah hasil observasi
2. Penilaian
a. Aspek penilaian:
1) Aspek
kognitif : kelengkapan dan kebenaran penjelasan
2) Aspek
keterampilan : (1) kelengkapan dan ketepatan penjelaan dan ilustrasi. dan (2) tingkat kekomunikatifan presentasi
3) Sikap
dan perilaku : tanggung jawab,
kerjasama, kemandirian
b. Bobot penilaian
1) Bobot
Nilai Harian (NH) : A (1)
2) Bobot
Nilai Ujian Tengah Semester (UTS) :
B (2)
3) Bobot
Nilai Ujian Akhir Semester (UAS) :
C (3)
4) Nilai
Akhir :
A NH + B UTS + C UAS
A + B + C
0 Comments