RPS ANTROPOLOGI BERBASIS KKNI DAN KESATUAN ILMU (UNITY OF SCIENCE)

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) ANTROPOLOGI

BERBASIS KKNI DAN KESATUAN ILMU (UNITY OF SCIENCE)

PRODI KPI, BPI, PMI, MD, DAN MHU

 

Dosen : Ahmad Faqih, S.Ag, M.Si

 

 

A.    CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH 

Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang budaya dan keragaman budaya sehingga mampu memanfaatkannya bagi pengembangan dakwah dengan spesifikasi jurusannya masing-masing

 

B.     DESKRIPSI MATAKULIAH                    

Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan mengenai budaya dan keragamannya. Pengetahuan ini dibutuhkan sebagai prasyarat profesional atas keilmuan Dakwah. Dengan pengetahuan budaya dan keragaman budaya ini diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkannya dalam profesinya maupun dalam kehidupan mereka dalam masyarakat.

 

Minggu ke

Kemampuan yang diharapkan

Bahan Kajian

Deskripsi Tugas

Konten Kesatuan Ilmu

Metode Pembelajaran

Waktu Belajar (menit)

Kriteria Penilaian

Bobot Nilai

Referensi

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1 dan 2

Memiliki pengetahuan dan memahami tentang  Antropologi

Kajian Antropologi, yang meliputi::     

a. pengertian Antropologi dari segi etimologi dan terminologi

b. Bidang kajian Antropologi

c. Metode Ilmiah dalam Antropologi

d. Hubungan Antropologi dengan Ilmu Sosial yang lain

 

Setiap mahasiswa membuat resume karya ilmiah

Antropologi merupakan salah satu ilmu tentang kebudayaan  Islam

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

680

Kebenaran penjelasan

 

 

 

10 %

 

 

 

2, 5

3 dan 4

Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep kebudayaan yang harus dijalankan menuju tujuan.

Mahasiswa memahami dan dapat menjelaskan  beberapa konsep kebudayaan

Setiap mahasiswa membuat resume karya ilmiah

Konsep kebudayaan Islam menurut intelektual muslim

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

680

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

 

 

 

 

10%

 

 

 

 

1, 2

5 dan 6

Memiliki kemampuan memahami, teori-teori dalam Antropologi

Mahasiswa memahami tentang teori-teori dalam Antropologi.

Setiap mahasiswa membuat resume karya ilmiah

Teori-teori antropologi karya intelektual muslim

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

680

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

 

 

 

10%

 

 

 

2, 6

7,8

Memahami makna dinamika budaya 

Mahasiswa dapat memahami berbagai dinamika budaya dan merefleksikannya dalam kehidupan akadems dan praktis

 Mahasiswa secara berkelompok membuat paper ilmiah

Dinamika budaya dalam komunitas muslim

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

680

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

 

 

5%

 

 

1,9

9

UJIAN TENGAH SEMESTER

10

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami ,menerapkan pengetahuan mengenai hubungan antara diri, keluarga, dan budaya itu dalam kehidupan akademik dan praktis.

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami ,menerapkan pengetahuan mengenai hubungan antara diri, keluarga, dan budaya itu dalam kehidupan akademik dan praktis.

 Mahasiswa secara berkelompok membuat paper ilmiah hasil observasi

Kosnep keluarga dalam perspektif Islam

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

340

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

15 %

 

 

`

 

 

 

1

 11

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang hubungan antara keragaman budaya dengan konflik dalam kehidupan akademis dan praktis

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang hubungan antara keragaman budaya dengan konflik dalam kehidupan akademis dan praktis

 Mahasiswa secara berkelompok membuat paper ilmiah hasil observasi

Fenomena  keragaman budaya dalam komunitas muslim

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

340

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10 %

 

 

 

 

10, 11

12

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang struktur sosial dalam masyarakat ke dalam kehidupan akademis dan praktis

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang struktur sosial dalam masyarakat ke dalam kehidupan akademis dan praktis

 Mahasiswa secara berkelompok membuat paper ilmiah hasil observasi

Struktur sosial dalam komunitas muslim

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

340

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10 %

 

 

 

 

 

8

13

Memiliki pengetahuan mengenai hubungan antara agama dan budaya

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang hubungan agama dan budaya

 Mahasiswa secara berkelompok membuat paper ilmiah hasil observasi

KOnsep Islam tentang hubungan agama dan budaya

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

340

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10 %

7

14

Memiliki pengetahuan tentang hubungan media dan budaya

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan pengetahuan tentang hubungan  antara media dan budaya ke dalam kehidupan akademis dan praktis

 Mahasiswa secara berkelompok membuat paper ilmiah hasil observasi

Konsep Islam tentang hubungan media dan budaya

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

340

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10 %

11

15

Memiliki pengetahuan tentang  konsep kesatuan nasional dan aneka suku bangsa di Indonesia

- Mahasiswa mengetahui konsep kesatuan nasional

- Mahasiswa dapat mengetahui, dan memahami aneka suku bangsa di Indonesia.

 Mahasiswa secara berkelompok membuat paper ilmiah hasil observasi

Konsep kesatuan ertnis dalam perspetif Islam

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

340

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10 %

3,4

16

UAJIAN AKHIR SEMESTER

 

Daftar Referensi:

  1. Koentjaraningrat, 1986. Pengantar Antropologi, Jakarta: Aksara Baru
  2. …………………, 1990. Sejarah Teori Antropologi, Jakarta: UI Press
  3. …………………, 1993. Masalah Kesukubangsaan dan Integrasi Nasional, Jakarta: UI Press
  4. …………………, 2002. Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Jakarta: UI Press
  5. . T.O. Ihromi, 2001. Pokok-pokok Ilmu Antropologi, Jakarta: Gramedia.
  6. J.Van Baal, 1988. Sejarah dan Pertumbuhan Teori Antropologi Budaya, Jakarta: Gramedia
  7. Clifford Geertz, 1992. Kebudayaan dan Agama, Yogyakarta: Kanisius
  8. Nasikun, Sistem Sosial Budaya di Indonesia, Jakarta: Rajawali Press
  9. Ralph Linton, 1984. Antropologi Suatu Penyelidikan tentang Manusia, Bandung: Jemmars.

10.                                                                                Fredrik Bart, 1988. Kelompok Etnik dan Batasannya, Jakarta: UI Press.

11.                                                                                 Musahadi (ed.), 2007. Mediasi dan Resolusi Konflik di Indonesia, Semarang: Pusat Mediasi IAIN Walisongo

12.                                                                                 Mansur Faqih, 2003. Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 

Tugas Mahasiswa dan Penilaiannya:

1.      Tugas

Tugas Individu    :  Mahasiswa membuat resume karya ilmiah

Tugas Kelompok :  Mahasiswa secara berkelompok membuat makalah ilmiah hasil observasi

2.      Penilaian

a.      Aspek penilaian:

1)      Aspek kognitif : kelengkapan dan kebenaran penjelasan

2)      Aspek keterampilan : (1) kelengkapan dan ketepatan penjelaan dan ilustrasi. dan (2) tingkat kekomunikatifan presentasi

3)      Sikap dan perilaku   : tanggung jawab, kerjasama, kemandirian

b.      Bobot penilaian

1)      Bobot Nilai Harian (NH)                                       : A (1)

2)      Bobot Nilai Ujian Tengah Semester (UTS)          : B (2)

3)      Bobot Nilai Ujian Akhir Semester (UAS)            : C (3)

4)      Nilai Akhir                                                            : A NH + B UTS + C UAS

                                                                                                    A + B + C

 

 

Post a Comment

0 Comments