RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) SOSIOLOGI DAKWAH
BERBASIS KKNI
DAN KESATUAN ILMU (UNITY OF SCIENCE)
PRODI KPI, BPI,
PMI, MD, DAN MHU
Dosen Pengampu: Ahmad Faqih,
S.Ag, M.Si
A.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
LULUSAN
Sikap
1. Berkontribusi dalam peningkatan
mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban
berdasarkan Pancasila
2. Menghargai keanekaragaman budaya,
pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang
lain
Pengetahuan
1.
Memiliki pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai
agama rahmatan lil ‘alamin
2.
Memiliki pengetahuan dalam bidang ilmu dakwah
Keterampilan
1. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan
nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan
etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
2. Memiliki kemampuan penyuluhan, berdakwah, dan
pendampingan klien.
B.
CAPAIAN
PEMBELAJARAN MATAKULIAH
Sikap
1. Berkontribusi dalam peningkatan
mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban
berdasarkan Pancasila
2. Menghargai keanekaragaman budaya,
pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang
lain
Pengetahuan
1.
Mahasiswa mampu memahami proses dakwah dalam konteks
sosial,
2.
Mahasiswa mampu memahami teori-teori yang relevan
dengan sosiologi dakwah
3.
Mahasiswa mampu menganalisis masalah-masalah sosial
dakwah.
Keterampilan
1. Mahasiswa terampil menemukan solusi problematika
sosial dakwah di masyarakat
2. Mahasiswa terampil dalam melaksanakan dakwah di
masyarakat
C.
DESKRIPSI
MATAKULIAH
Mata kuliah ini dimaksudkan agar para mahasiswa memiliki pengetahuan
tentang fenomena dakwah dalam perspektif sosiologis, teori-teori yang relevan
dengan kajian sosiologi dakwah, dan masalah-masalah sosial dakwah.
Minggu ke |
Kemampuan yang diharapkan |
Bahan Kajian |
Deskripsi Tugas |
Konten Kesatuan Ilmu |
Metode Pembelajaran |
Waktu Belajar (menit) |
Kriteria Penilaian |
Bobot Nilai |
Referensi |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
1 dan 2 |
Mahasiswa mampu
memahami dakwah dalam perspektif sosiologis |
1.
Dapat menjelaskan dakwah
sebagai fenomena sosial 2.
Dapat menjelaskan bentuk-bentuk
dakwah di masyarakat 3.
Dapat menjelaskan kebutuhan
masyarakat terhadap dakwah 4.
Dapat menjelaskan peran dakwah
di masyarakat |
Setiap
mahasiswa membuat resume karya ilmiah |
Sosiologi dakwah merupakan salah satu kajian tentang masyarakat Islam |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
680 |
Kebenaran penjelasan |
10 % |
1,5 |
3,4, 5 |
Mahasiswa dapat
memahami struktur sosial dakwah |
1.
Dapat menjelaskan pengertian
strktur sosial dakwah 2.
Dapat menjelaskan karakteristik
struktur sosial dakwah 3.
Dapat menjelaskan bentuk-bentuk
struktur sosial dakwah |
Setiap
mahasiswa membuat resume karya ilmiah |
Struktur sosial dakwah menjadi bagian dari atruktur sosial di
masyarakat |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
1.020 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10% |
1 |
6 dan 7 |
Mahasiawa dapat
memahami dakwah sebagai proses sosial. |
1.
Dapat menjelaskan pengertian
dakwah sebagai proses sosial 2.
Dapat menjelaskan proses sosial
daam dakwah. 3.
Dapat menjelaskan
prinsip-prinsip sosial dakwah menurut al-Qur’an dan Al Hadits 4.
Dapat menjelaskan
prinsip-prinsip sosial dakwah berbasis kearifan lokal . |
Setiap
mahasiswa membuat resume karya ilmiah |
Dakwah akan megalami proses sosial |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
680 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10% |
1,7 |
8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
||||||||
9, 10, dan 11 |
Tipologi
masyarakat dan dakwahnya |
1.
Dapat menjelaskan problem
dakwah
masyarakat modern 2.
Dapat menjelaskan solusi dakwah pada masyarakat
modern 3.
Dapat menjelaskan problem
dakwah
masyarakat multicultural 4.
Dapat menjelaskan solusi dakwah pada masyarakat
multicultural. 5.
Dapat menjelaskan problem
dakwah masyarakat informasi 6.
Dapat menjelaskan solusi
dakwah pada masyarakat informasi
. |
Mahasiswa secara berkelompok membuat paper
ilmiah hasil observasi |
Aktivitas dakwah dapat dibedakan sesuai dengan tipologi masyarakatnya |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
1.020 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
15 % |
1,2,3 |
12 dan 13 |
Mahasiswa dapat
membandingkan tipologi komunitas dan dakwahnya. |
1. Dapat menjelaskan problem dakwah komunitas
marginal 2. Dapat menjelaskan solusi dakwah pada
komunitas marginal 3. Dapat menjelaskan problem dakwah komunitas
media sosial 4. Dapat menjelaskan solusi dakwah pada
komunitas media sosial |
Mahasiswa secara berkelompok membuat paper
ilmiah hasil observasi |
Aktivitas dakwah dapat dibedakan sesuai dengan tipologi komunitasnya |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
1.020 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
|
1,2,4 |
14 dan 15 |
Mahasiswa dapat
memahami dan menemukan parameter keberhasilan dakwah dalam perspektif
sosiologis. |
1.
Dapat menjelaskan tujuan dakwah
dari pandangan ahli 2.
Dapat menjelaskan konsep
keberhasilan dakwah. 3.
Dapat menjelaskan
indicator-indikator keberhasilan dakwah. 4.
Dapat menemukan faktor
keberhasilan dakwah dari studi kasus dakwah |
Mahasiswa secara berkelompok membuat paper ilmiah
hasil observasi |
Dakwah juga akan mengikuti Parameter keberhasilan suatu aktivitas di
masyarakat |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
680 |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10 % |
1,6,16 |
16 |
UAJIAN
AKHIR SEMESTER |
Daftar Referensi:
1.
Ahmad Faqih, Sosiologi Dakwah:
Teori dan Praktik, Karya Abadi Jaya, Semarang, 2015
2.
Ahmad Faqih, Sosiologi
Dakwah Perkotaan, Perspektif Teoritik dan Studi Kasus, Fatawa Publishing,
Semarang, 2020
3.
Ahmad Faqih, “Pergumulan Islam dan Budaya Jawa di Lereng Gunung
Merbabu”, Laporan Penelitian, Fakdakom IAIN Walisongo, Semarang, 2013
4.
Ahmad Faqih, “Analisis Formasi Majlis Taklim Studi Kasus di Kota
Semarang”, Laporan Penelitian, Pusat Penelitian IAIN Walisongo,
Semarang, 2005.
5.
A.Ilyas Ismail dan Prio Hotman, Filsafat
Dakwah Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam, Kencana, Jakarta, 2011
6.
Abdul
Munir Mulkhan, Teologi Kebudayaan dan Demokrasi Modernitas, Pustaka
Pelajar, Yogyakarta, 1995
7.
Asep Muhiddin, Dakwah dalam
Perspektif Al-Qur’an, Pustaka Setia, Bandung, 2002.
8.
Anashom
(Ed.), Merumuskan Kembali Interelasi Islam-Jawa, Gama Media, Yogyakarta,
2004
9.
Elizabeth
K.Nottingham, Agama dan Masyarakat, Rajawali Press, Jakarta, 1997
10.
Jalaludin
Rakhmat, Rekayasa Sosial, Rineka Cipta, Jakarta, 1993
11. Miftah F.Rakhmat (Ed.), Catatan Kang
Jalal, Visi Media, Politik, dan Pendidikan, Rosdakarya, Bandung, 1997
12. M.Dawam Rahadjo, Islam dan Transformasi
Sosial Ekonomi, LSAF, Yogyakarta, 1999
13. Moh.Ali Azis, Ilmu Dakwah, Kencana,
Jakarta, 2009
14.
Muhammad Sulthon, Menjawab
Tantangan Zaman Desain Ilmu Dakwah, Pustaka Pelajar dan Walisongo Press,
Yogyakarta, 2003.
15. Nasruddin Harahap Cs (Ed.), Dakwah
Pembangunan, DPD Golkar DIY, Yogyakarta, 1992
16.
Robert H.Lauer, Perspektif tentang Perubahan
Sosial. Jakarta, Rineka Cipta, 1993.
17.
Moh.Ali Azis (Ed.), Dakwah Pemberdayaan
Masyarakat, Surabaya, IAIN Sunan Ampel, 2005
Tugas Mahasiswa dan Penilaiannya:
1.
Tugas
Tugas
Individu : Mahasiswa membuat resume karya ilmiah
Tugas Kelompok
: Mahasiswa secara berkelompok membuat
makalah ilmiah hasil observasi
2. Penilaian
a. Aspek penilaian:
1)
Aspek kognitif : kelengkapan dan kebenaran penjelasan
2)
Aspek keterampilan : (1) kelengkapan dan ketepatan
penjelaan dan ilustrasi. dan (2) tingkat kekomunikatifan presentasi
3)
Sikap dan perilaku
: tanggung jawab, kerjasama, kemandirian
b. Bobot penilaian
1)
Bobot Nilai Harian (NH) : A (1)
2)
Bobot Nilai Ujian Tengah Semester (UTS) : B (2)
3)
Bobot Nilai Ujian Akhir Semester (UAS) : C (3)
4)
Nilai Akhir :
A NH + B UTS + C UAS
A + B + C
0 Comments