RPS SOSIOLOGI DAKWAH BERBASIS KKNI DAN KESATUAN ILMU (UNITY OF SCIENCE)

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) SOSIOLOGI DAKWAH

BERBASIS KKNI DAN KESATUAN ILMU (UNITY OF SCIENCE)

PRODI KPI, BPI, PMI, MD, DAN MHU

 

Dosen Pengampu: Ahmad Faqih, S.Ag, M.Si

 

A.     CAPAIAN PEMBELAJARAN  LULUSAN       

Sikap

1.    Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

2.    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

Pengetahuan

1.    Memiliki pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin

2.    Memiliki pengetahuan dalam bidang ilmu dakwah

 

Keterampilan

1.    Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

2.    Memiliki kemampuan penyuluhan, berdakwah, dan pendampingan klien.

 

B.     CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH 

Sikap

1.    Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

2.    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

Pengetahuan

1.    Mahasiswa mampu memahami proses dakwah dalam konteks sosial,

2.    Mahasiswa mampu memahami teori-teori yang relevan dengan sosiologi dakwah

3.    Mahasiswa mampu menganalisis masalah-masalah sosial dakwah.

Keterampilan

1.    Mahasiswa terampil menemukan solusi problematika sosial dakwah di masyarakat

2.    Mahasiswa terampil dalam melaksanakan dakwah di masyarakat

 

C.     DESKRIPSI MATAKULIAH                    

Mata kuliah ini dimaksudkan agar para mahasiswa memiliki pengetahuan tentang fenomena dakwah dalam perspektif sosiologis, teori-teori yang relevan dengan kajian sosiologi dakwah, dan masalah-masalah sosial dakwah.

 

Minggu ke

Kemampuan yang diharapkan

Bahan Kajian

Deskripsi Tugas

Konten Kesatuan Ilmu

Metode Pembelajaran

Waktu Belajar (menit)

Kriteria Penilaian

Bobot Nilai

Referensi

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1 dan 2

Mahasiswa mampu memahami dakwah dalam perspektif sosiologis

1.   Dapat menjelaskan dakwah sebagai fenomena sosial

2.   Dapat menjelaskan bentuk-bentuk dakwah di masyarakat

3.   Dapat menjelaskan kebutuhan masyarakat terhadap dakwah

4.   Dapat menjelaskan peran dakwah di masyarakat

 

Setiap mahasiswa membuat resume karya ilmiah

Sosiologi dakwah merupakan salah satu kajian tentang masyarakat Islam

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

680

Kebenaran penjelasan

10 %

1,5

3,4, 5

Mahasiswa dapat memahami struktur sosial dakwah

1.   Dapat menjelaskan pengertian strktur sosial dakwah

2.   Dapat menjelaskan karakteristik struktur sosial dakwah

3.   Dapat menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial dakwah

Setiap mahasiswa membuat resume karya ilmiah

Struktur sosial dakwah menjadi bagian dari atruktur sosial di masyarakat

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

1.020

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10%

1

6 dan 7

Mahasiawa dapat memahami dakwah sebagai proses sosial.

1.     Dapat menjelaskan pengertian dakwah sebagai proses sosial

2.   Dapat menjelaskan proses sosial daam dakwah.

3.   Dapat menjelaskan prinsip-prinsip sosial dakwah menurut al-Qur’an dan Al Hadits

4.   Dapat menjelaskan prinsip-prinsip sosial dakwah berbasis kearifan lokal .

 

Setiap mahasiswa membuat resume karya ilmiah

Dakwah akan megalami proses sosial

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

680

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10%

1,7

8

UJIAN TENGAH SEMESTER

9, 10, dan 11

 

Tipologi masyarakat dan dakwahnya

1.   Dapat menjelaskan problem dakwah masyarakat modern

2.    Dapat menjelaskan solusi dakwah pada masyarakat modern

3.    Dapat menjelaskan problem dakwah masyarakat multicultural

4.    Dapat menjelaskan solusi dakwah pada masyarakat multicultural.

5.    Dapat menjelaskan problem dakwah masyarakat informasi

6.    Dapat menjelaskan solusi dakwah pada masyarakat informasi .

 

 Mahasiswa secara berkelompok membuat paper ilmiah hasil observasi

Aktivitas dakwah dapat dibedakan sesuai dengan tipologi masyarakatnya

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

1.020

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

15 %

1,2,3

12 dan 13

Mahasiswa dapat membandingkan tipologi komunitas dan dakwahnya.

1.   Dapat menjelaskan problem dakwah komunitas marginal

2.   Dapat menjelaskan solusi dakwah pada komunitas marginal

3.   Dapat menjelaskan problem dakwah komunitas media sosial

4.   Dapat menjelaskan solusi dakwah pada komunitas media sosial

 Mahasiswa secara berkelompok membuat paper ilmiah hasil observasi

Aktivitas dakwah dapat dibedakan sesuai dengan tipologi komunitasnya

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

1.020

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

 

1,2,4

14 dan 15

Mahasiswa dapat memahami dan menemukan parameter keberhasilan dakwah dalam perspektif sosiologis.

1.   Dapat menjelaskan tujuan dakwah dari pandangan ahli

2.   Dapat menjelaskan konsep keberhasilan dakwah.

3.   Dapat menjelaskan indicator-indikator keberhasilan dakwah.

4.   Dapat menemukan faktor keberhasilan dakwah dari studi kasus dakwah

 

 Mahasiswa secara berkelompok membuat paper ilmiah hasil observasi

Dakwah juga akan mengikuti Parameter keberhasilan suatu aktivitas di masyarakat

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

680

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10 %

1,6,16

16

UAJIAN AKHIR SEMESTER

 

 

Daftar Referensi:

1.    Ahmad Faqih, Sosiologi Dakwah: Teori dan Praktik, Karya Abadi Jaya, Semarang, 2015

2.    Ahmad Faqih, Sosiologi Dakwah Perkotaan, Perspektif Teoritik dan Studi Kasus, Fatawa Publishing, Semarang, 2020

3.    Ahmad Faqih, “Pergumulan Islam dan Budaya Jawa di Lereng Gunung Merbabu”, Laporan Penelitian, Fakdakom IAIN Walisongo, Semarang, 2013

4.    Ahmad Faqih, “Analisis Formasi Majlis Taklim Studi Kasus di Kota Semarang”, Laporan Penelitian, Pusat Penelitian IAIN Walisongo, Semarang, 2005.

5.    A.Ilyas Ismail dan Prio Hotman, Filsafat Dakwah Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam, Kencana, Jakarta, 2011

6.    Abdul Munir Mulkhan, Teologi Kebudayaan dan Demokrasi Modernitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1995

7.    Asep Muhiddin, Dakwah dalam Perspektif Al-Qur’an, Pustaka Setia, Bandung, 2002.

8.    Anashom (Ed.), Merumuskan Kembali Interelasi Islam-Jawa, Gama Media, Yogyakarta, 2004

9.    Elizabeth K.Nottingham, Agama dan Masyarakat, Rajawali Press, Jakarta, 1997

10.              Jalaludin Rakhmat, Rekayasa Sosial, Rineka Cipta, Jakarta, 1993

11.  Miftah F.Rakhmat (Ed.), Catatan Kang Jalal, Visi Media, Politik, dan Pendidikan, Rosdakarya, Bandung, 1997

12.  M.Dawam Rahadjo, Islam dan Transformasi Sosial Ekonomi, LSAF, Yogyakarta, 1999

13.  Moh.Ali Azis, Ilmu Dakwah, Kencana, Jakarta, 2009

14.    Muhammad Sulthon, Menjawab Tantangan Zaman Desain Ilmu Dakwah, Pustaka Pelajar dan Walisongo Press, Yogyakarta, 2003.

15.    Nasruddin Harahap Cs (Ed.), Dakwah Pembangunan, DPD Golkar DIY, Yogyakarta, 1992

16.    Robert H.Lauer, Perspektif tentang Perubahan Sosial. Jakarta, Rineka Cipta, 1993.

17.    Moh.Ali Azis (Ed.), Dakwah Pemberdayaan Masyarakat, Surabaya, IAIN Sunan Ampel, 2005

 

Tugas Mahasiswa dan Penilaiannya:

1.      Tugas

Tugas Individu    :  Mahasiswa membuat resume karya ilmiah

Tugas Kelompok :  Mahasiswa secara berkelompok membuat makalah ilmiah hasil observasi

2.      Penilaian

a.      Aspek penilaian:

1)      Aspek kognitif : kelengkapan dan kebenaran penjelasan

2)      Aspek keterampilan : (1) kelengkapan dan ketepatan penjelaan dan ilustrasi. dan (2) tingkat kekomunikatifan presentasi

3)      Sikap dan perilaku   : tanggung jawab, kerjasama, kemandirian

b.      Bobot penilaian

1)      Bobot Nilai Harian (NH)                                         : A (1)

2)      Bobot Nilai Ujian Tengah Semester (UTS) : B (2)

3)      Bobot Nilai Ujian Akhir Semester (UAS)   : C (3)

4)      Nilai Akhir                                                 : A NH + B UTS + C UAS

                                                                                                    A + B + C

 

 

Post a Comment

0 Comments