RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
SOSIOLOGI PEDESAAN DAN PERKOTAAN
BERBASIS KKNI
DAN KESATUAN ILMU (UNITY OF SCIENCE)
PRODI PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
Dosen Pengampu: Ahmad Faqih,
S.Ag, M.Si
A.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
LULUSAN
Sikap
1.
Menghargai keanekaragaman budaya,
pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
2.
Bekerja
sama dan
memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
Pengetahuan
Mampu menguasai konsep teoritis sosiologi secara
umum dan konsep teoritis bidang-bidang kajian sosiologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan langkah-langkah penyelesaian masalah secara sistematis dan prosedural.
Keterampilan
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmupengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan
tinggi.
B.
CAPAIAN
PEMBELAJARAN MATAKULIAH
Sikap
1.
Menghargai keanekaragaman budaya,
pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
2.
Bekerja
sama dan
memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
Pengetahuan
1. Mampu
menjelasan konsep dan ruang lingkup sosiologi perdesaan dan perkotaan
2.
Mampu menjelaskan masyarakat
desa dan perkembangannya
3. Mampu
menjelaskan kelembagaan sosial masyarakat desa
4. Mampu
menjelaskan stratifikasi sosial masyarakat desa
5. Mampu
menjelaskan mobilitas sosial dan dampaknya terhadap masyarakat desa.
6. Mampu
menjelaskan pembangunan di perdesaan
7. Mampu menjelaskan konsep-konsep penting dalam sosiologi perkotaan
8. Mampu menjelaskan teori-teori perkembangan kota
9. Mampu menjelaskan pola-pola perkembangan kota dalam konteks ekonomi,
sosial, dan agama.
10.
Mampu menjelaskan ekologi
kota dalam bidang pola pemukiman dan kependudukan
11.
Mampu menjelaskan pembangunan di
perkotaan
12.
Mampu mengidentifikasi
dan mencari solusi problematika sosial masyarakat perkotaan.
Ketrampilan
Mahasiswa terampil menganalisis berdasarkan landasan teoritis tentang masalah perdesaan dan perkotaan, serta terampil mencari strategi yang tepat melakukan pembangunan perdesaan dan perkotaan.
C.
DESKRIPSI
MATAKULIAH
Matakuliah
ini membahas masyarakat perdesaan dan perkotaan dalam perspektif sosiologi,
juga akan dibahas struktur sosialnya, dan perubahan sosialnya, keterkaitan
antara perdesaan dan perkotaan. Pembangunan yang terjadi di perdesaan dan
perkotaan juga akan dibahas, untuk mengidentifikasi problem-problem aktual yang
terjadi, sekaligus mencari solusi yang paling ideal.
Minggu ke |
Kemampuan yang diharapkan |
Bahan Kajian |
Deskripsi Tugas |
Konten Kesatuan Ilmu |
Metode Pembelajaran |
Waktu Belajar (menit) |
Kriteria Penilaian |
Bobot Nilai |
Referensi |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
1 dan 2 |
Mampu menjelasan konsep dan ruang lingkup
sosiologi perdesaan dan perkotaan |
Konsep dan
ruang lingkup sosiologi perdesaan Konsep dan
ruang lingkup sosiologi perkotaan |
1 dan 2 |
Mampu menjelasan konsep dan ruang lingkup
sosiologi perdesaan dan perkotaan |
Konsep dan
ruang lingkup sosiologi perdesaan Konsep dan
ruang lingkup sosiologi perkotaan |
1 dan 2 |
Mampu menjelasan konsep dan ruang lingkup
sosiologi perdesaan dan perkotaan |
Konsep dan
ruang lingkup sosiologi perdesaan Konsep dan
ruang lingkup sosiologi perkotaan |
1,2 |
3 |
Mampu menjelaskan masyarakat desa dan
perkembangannya |
Masyarakat
desa dan perkembangannya Tipologi
desa Ciri-ciri
masyarakat perdesaan |
3 |
Mampu menjelaskan masyarakat desa dan
perkembangannya |
Masyarakat
desa dan perkembangannya Tipologi
desa Ciri-ciri masyarakat
perdesaan |
3 |
Mampu menjelaskan masyarakat desa dan
perkembangannya |
Masyarakat
desa dan perkembangannya Tipologi
desa Ciri-ciri
masyarakat perdesaan |
3 |
4 |
Mampu
menjelaskan kelembagaan sosial masyarakat desa |
Kelembagaan
sosial masyarakat desa Kelembagaan
formal Kelembagaan
informal |
4 |
Mampu
menjelaskan kelembagaan sosial masyarakat desa |
Kelembagaan sosial masyarakat desa
Kelembagaan formal
Kelembagaan informal |
4 |
Mampu
menjelaskan kelembagaan sosial masyarakat desa |
Kelembagaan sosial masyarakat desa
Kelembagaan formal Kelembagaan
informal |
4 |
5 |
Mampu menjelaskan stratifikasi sosial
masyarakat desa |
Stratifikasi
sosial masyarakat desa Proses
terbentuknya pelapisan sosial Indikator
penghargaan masyarakat terhadap pelapisan |
5 |
Mampu menjelaskan stratifikasi sosial
masyarakat desa |
Stratifikasi sosial
masyarakat desa Proses terbentuknya pelapisan
sosial Indikator
penghargaan masyarakat terhadap pelapisan |
5 |
Mampu menjelaskan stratifikasi sosial
masyarakat desa |
Stratifikasi
sosial masyarakat desa Proses
terbentuknya pelapisan sosial Indikator penghargaan
masyarakat terhadap pelapisan |
5 |
6 |
Mampu menjelaskan mobilitas sosial dan
dampaknya terhadap masyarakat desa. |
Mobilitas sosial Migrasi Urbanisasi Dampak mobilitas sosial |
6 |
Mampu menjelaskan mobilitas sosial dan
dampaknya terhadap masyarakat desa. |
Mobilitas sosial Migrasi Urbanisasi Dampak
mobilitas sosial |
6 |
Mampu menjelaskan mobilitas sosial dan
dampaknya terhadap masyarakat desa. |
Mobilitas
sosial Migrasi Urbanisasi Dampak mobilitas sosial |
6 |
7,8 |
Mampu
menjelaskan pembangunan di perdesaan |
Kebijakan pemerintah tentang
pembangunan desa Problem pembangunan perdesaan
Solusi problem pembangunan
perdesaan |
7,8 |
Mampu
menjelaskan pembangunan di perdesaan |
Kebijakan pemerintah tentang
pembangunan desa Problem pembangunan perdesaan
Solusi
problem pembangunan perdesaan |
7,8 |
Mampu
menjelaskan pembangunan di perdesaan |
Kebijakan
pemerintah tentang pembangunan desa Problem
pembangunan perdesaan Solusi problem pembangunan
perdesaan |
7,8 |
9 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
||||||||
10 |
Mampu menjelaskan konsep-konsep penting dalam sosiologi perkotaan |
Konsep-konsep penting dalam sosiologi perkotaan: life style,urbanisasi,
migrasi, segeregasi,aglomerasi |
Kelompok mahasiswa membuat karya ilmiah |
Sosiologi merupakan suatu metode dalam studi
Islam |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
2 x 160 menit |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10 % |
|
11 |
Mampu menjelaskan teori-teori perkembangan kota |
Teori-teori
perkembangan kota Teori
sentries, teori spasial, teori historis |
Kelompok mahasiswa membuat karya ilmiah |
Kota sebagai pusat peradaban Islam |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
2 x 160 menit |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10 % |
|
12 |
Mampu menjelaskan pola-pola perkembangan kota dalam konteks ekonomi,
sosial, dan agama. |
Pola
perkembangan kota di Indonesia Pola
perkembangan kota dalam konteks ekonomi Pola
perkembangan kota dalam konteks sosial Pola perkembangan
kota dalam konteks agama |
Kelompok mahasiswa membuat karya ilmiah |
Agama sebagai sumber motivasi pembangunan |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
2 x 160 menit |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10 % |
|
13 |
Mampu menjelaskan ekologi kota dalam bidang pola pemukiman dan
kependudukan |
Ekologi Kota Pola
Pemukiman Kependudukan |
Kelompok mahasiswa membuat karya ilmiah |
Agama sebagai sumber motivasi pembangunan |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
2 x 160 menit |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10 % |
|
14 |
Mampu
menjelaskan pembangunan di perkotaan |
Kebijakan
pemerintah tentang pembangunan kota Problem
pembangunan perkotaan Solusi
problem pembangunan peekotaan |
Kelompok mahasiswa membuat karya ilmiah |
Agama sebagai sumber motivasi pembangunan |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
2 x 160 menit |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10 % |
|
15 |
Mampu mengidentifikasi dan mencari solusi problematika sosial
masyarakat perkotaan. |
Problematika
sosial masyarakat perkotaan Solusi
problematika sosial masyarakat perkotaan |
Kelompok mahasiswa membuat karya ilmiah |
Agama sebagai solusi pembangunan |
·
Pendekatan saintifik ·
Model discovery learning |
2 x 160 menit |
Kebenaran penjelasan Tingkat komunikatif presentasi Kerjasama |
10 % |
|
16 |
UAJIAN
AKHIR SEMESTER |
Daftar Referensi:
- Ahmad Faqih, Sosiologi Dakwah Perkotaan
Perspektif Teoritik dan Studi Kasus, Semarang: Fatawa Publishing, 2020
- Alan Gilbert dan Josef Gugler, Urbanisasi
dan Kemiskinan di Dunia Ketiga, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1996
- Anne Friday Safaria, dkk, Hubungan
Perburuhan di Sektor Informal Permasalahan dan Prospek, Bandung: Yayasan Akatiga, 2003
- Bahrein T Sugihen, Sosiologi Pedesaan,
Jakarta:Rajawali Press, 1995
- Adon Nasrulloh Jamaludin, Sosiologi
Perkotaan Memahami Masyarakat Kota dan Problematikanya,
Bandung:Pustaka Setia, 2015
- Iwan Nugroho dan Rochmin Dahuri, Pembangunan
Wilayah Perspektif Ekonomi Sosial dan Lingkungan, Jakarta: LP3ES, 2004
- Hadi Sabari Yunus, Struktur Tata Ruang Kota,
Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2000
- Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar,
Jakarta:RajaGrafindo Persada, 1993
- Safri Sairin, Perubahan Sosial Masyarakat
Indonesia,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001
Tugas Mahasiswa dan Penilaiannya:
1.
Tugas
Tugas Individu :
Mahasiswa membuat resume karya ilmiah
Tugas Kelompok
: Mahasiswa secara berkelompok membuat
makalah ilmiah hasil observasi
2. Penilaian
a.
Aspek
penilaian:
1)
Aspek kognitif : kelengkapan dan kebenaran penjelasan
2)
Aspek keterampilan : (1) kelengkapan dan ketepatan
penjelaan dan ilustrasi. dan (2) tingkat kekomunikatifan presentasi
3)
Sikap dan perilaku
: tanggung jawab, kerjasama, kemandirian
b.
Bobot
penilaian
1)
Bobot Nilai Harian (NH) : A (1)
2)
Bobot Nilai Ujian Tengah Semester (UTS) : B (2)
3)
Bobot Nilai Ujian Akhir Semester (UAS) : C (3)
4)
Nilai Akhir :
A NH + B UTS + C UAS
A + B + C
0 Comments