RPS Sosiologi Pedesaan dan Perkotaan 2021

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) 

SOSIOLOGI PEDESAAN DAN PERKOTAAN

BERBASIS KKNI DAN KESATUAN ILMU (UNITY OF SCIENCE)

PRODI PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

 

Dosen Pengampu: Ahmad Faqih, S.Ag, M.Si

 

A.     CAPAIAN PEMBELAJARAN  LULUSAN       

Sikap

1.    Menghargai  keanekaragaman  budaya,  pandangan,  agama,  dan kepercayaan, serta pendapat atau  temuan orisinal orang  lain.

2.    Bekerja  sama dan  memiliki  kepekaan  sosial  serta kepedulian  terhadap masyarakat dan lingkungan.

Pengetahuan

Mampu   menguasai   konsep  teoritis sosiologi secara umum dan konsep teoritis bidang-bidang kajian sosiologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan langkah-langkah penyelesaian masalah secara sistematis dan prosedural.

Keterampilan

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmupengetahuan teknologi yang memperhatikan  dan  menerapkan nilai  humaniora  sesuai  dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

B.     CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH 

Sikap

1.    Menghargai  keanekaragaman  budaya,  pandangan,  agama,  dan kepercayaan, serta pendapat atau  temuan orisinal orang  lain.

2.    Bekerja  sama dan  memiliki  kepekaan  sosial  serta kepedulian  terhadap masyarakat dan lingkungan.

 

Pengetahuan

1.    Mampu menjelasan konsep dan ruang lingkup sosiologi perdesaan dan perkotaan

2.    Mampu menjelaskan masyarakat desa dan perkembangannya

3. Mampu menjelaskan kelembagaan sosial masyarakat desa

4. Mampu menjelaskan stratifikasi sosial masyarakat desa

5. Mampu menjelaskan mobilitas sosial dan dampaknya terhadap masyarakat desa.

6. Mampu menjelaskan pembangunan di perdesaan

7. Mampu menjelaskan konsep-konsep penting dalam sosiologi perkotaan

8. Mampu menjelaskan teori-teori perkembangan kota

9. Mampu menjelaskan pola-pola perkembangan kota dalam konteks ekonomi, sosial, dan agama.

10.                   Mampu menjelaskan ekologi kota dalam bidang pola pemukiman dan kependudukan

11.                   Mampu menjelaskan pembangunan di perkotaan

12.                   Mampu mengidentifikasi dan mencari solusi problematika sosial masyarakat perkotaan.

Ketrampilan

Mahasiswa terampil menganalisis berdasarkan landasan teoritis tentang masalah perdesaan dan perkotaan, serta terampil mencari strategi yang tepat melakukan pembangunan perdesaan dan perkotaan.

 

C.     DESKRIPSI MATAKULIAH                    

Matakuliah ini membahas masyarakat perdesaan dan perkotaan dalam perspektif sosiologi, juga akan dibahas struktur sosialnya, dan perubahan sosialnya, keterkaitan antara perdesaan dan perkotaan. Pembangunan yang terjadi di perdesaan dan perkotaan juga akan dibahas, untuk mengidentifikasi problem-problem aktual yang terjadi, sekaligus mencari solusi yang paling ideal.  

Minggu ke

Kemampuan yang diharapkan

Bahan Kajian

Deskripsi Tugas

Konten Kesatuan Ilmu

Metode Pembelajaran

Waktu Belajar (menit)

Kriteria Penilaian

Bobot Nilai

Referensi

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1 dan 2

 

 Mampu menjelasan konsep dan ruang lingkup sosiologi perdesaan dan perkotaan

 

 

 Konsep dan ruang lingkup sosiologi perdesaan

 Konsep dan ruang lingkup sosiologi perkotaan

 

 

 

 

1 dan 2

 

 Mampu menjelasan konsep dan ruang lingkup sosiologi perdesaan dan perkotaan

 

 

 Konsep dan ruang lingkup sosiologi perdesaan

 Konsep dan ruang lingkup sosiologi perkotaan

 

 

 

 

1 dan 2

 

 Mampu menjelasan konsep dan ruang lingkup sosiologi perdesaan dan perkotaan

 

 

 Konsep dan ruang lingkup sosiologi perdesaan

 Konsep dan ruang lingkup sosiologi perkotaan

 

 

 

 

1,2

3

 

 Mampu menjelaskan masyarakat desa dan perkembangannya

 

 

 Masyarakat desa dan perkembangannya

 Tipologi desa

 Ciri-ciri masyarakat perdesaan

 

3

 

 Mampu menjelaskan masyarakat desa dan perkembangannya

 

 

 Masyarakat desa dan perkembangannya

 Tipologi desa

 Ciri-ciri masyarakat perdesaan

 

3

 

 Mampu menjelaskan masyarakat desa dan perkembangannya

 

 

 Masyarakat desa dan perkembangannya

 Tipologi desa

 Ciri-ciri masyarakat perdesaan

 

3

4

 

 

Mampu menjelaskan kelembagaan sosial masyarakat desa

 

 Kelembagaan sosial masyarakat desa

 Kelembagaan formal

 Kelembagaan informal

 

4

 

 

Mampu menjelaskan kelembagaan sosial masyarakat desa

 

 Kelembagaan sosial masyarakat desa

 Kelembagaan formal

 Kelembagaan informal

 

4

 

 

Mampu menjelaskan kelembagaan sosial masyarakat desa

 

 Kelembagaan sosial masyarakat desa

 Kelembagaan formal

 Kelembagaan informal

 

4

5

 

 Mampu menjelaskan stratifikasi sosial masyarakat desa

 

 

 Stratifikasi sosial masyarakat desa

 Proses terbentuknya pelapisan sosial

 Indikator penghargaan masyarakat terhadap pelapisan

 

5

 

 Mampu menjelaskan stratifikasi sosial masyarakat desa

 

 

 Stratifikasi sosial masyarakat desa

 Proses terbentuknya pelapisan sosial

 Indikator penghargaan masyarakat terhadap pelapisan

 

5

 

 Mampu menjelaskan stratifikasi sosial masyarakat desa

 

 

 Stratifikasi sosial masyarakat desa

 Proses terbentuknya pelapisan sosial

 Indikator penghargaan masyarakat terhadap pelapisan

 

5

6

 

 Mampu menjelaskan mobilitas sosial dan dampaknya terhadap masyarakat desa.

 

 

 Mobilitas sosial

 Migrasi  

 Urbanisasi

 Dampak mobilitas sosial

 

6

 

 Mampu menjelaskan mobilitas sosial dan dampaknya terhadap masyarakat desa.

 

 

 Mobilitas sosial

 Migrasi  

 Urbanisasi

 Dampak mobilitas sosial

 

6

 

 Mampu menjelaskan mobilitas sosial dan dampaknya terhadap masyarakat desa.

 

 

 Mobilitas sosial

 Migrasi  

 Urbanisasi

 Dampak mobilitas sosial

 

6

7,8

 

Mampu menjelaskan pembangunan di perdesaan

 

 

 Kebijakan pemerintah tentang pembangunan desa

 Problem pembangunan perdesaan

 Solusi problem pembangunan perdesaan

 

7,8

 

Mampu menjelaskan pembangunan di perdesaan

 

 

 Kebijakan pemerintah tentang pembangunan desa

 Problem pembangunan perdesaan

 Solusi problem pembangunan perdesaan

 

7,8

 

Mampu menjelaskan pembangunan di perdesaan

 

 

 Kebijakan pemerintah tentang pembangunan desa

 Problem pembangunan perdesaan

 Solusi problem pembangunan perdesaan

 

7,8

9

UJIAN TENGAH SEMESTER

10

Mampu menjelaskan konsep-konsep penting dalam sosiologi perkotaan

 Konsep-konsep penting dalam sosiologi perkotaan: life style,urbanisasi, migrasi, segeregasi,aglomerasi

Kelompok mahasiswa membuat karya ilmiah

Sosiologi merupakan suatu metode dalam studi Islam

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

2 x 160 menit

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10 %

 

11

Mampu menjelaskan teori-teori perkembangan kota

Teori-teori perkembangan kota

 Teori sentries, teori spasial, teori historis

Kelompok mahasiswa membuat karya ilmiah

Kota sebagai pusat peradaban Islam

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

2 x 160 menit

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10 %

 

12

Mampu menjelaskan pola-pola perkembangan kota dalam konteks ekonomi, sosial, dan agama.

 Pola perkembangan kota di Indonesia

 Pola perkembangan kota dalam konteks ekonomi

 Pola perkembangan kota dalam konteks sosial

 Pola perkembangan kota dalam konteks agama

Kelompok mahasiswa membuat karya ilmiah

Agama sebagai sumber motivasi pembangunan

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

2 x 160 menit

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10 %

 

13

Mampu menjelaskan ekologi kota dalam bidang pola pemukiman dan kependudukan

 Ekologi Kota

 Pola Pemukiman

 Kependudukan

Kelompok mahasiswa membuat karya ilmiah

Agama sebagai sumber motivasi pembangunan

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

2 x 160 menit

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10 %

 

14

 

Mampu menjelaskan pembangunan di perkotaan

 

 

 Kebijakan pemerintah tentang pembangunan kota

 Problem pembangunan perkotaan

 Solusi problem pembangunan peekotaan

 

Kelompok mahasiswa membuat karya ilmiah

Agama sebagai sumber motivasi pembangunan

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

2 x 160 menit

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10 %

 

15

Mampu mengidentifikasi dan mencari solusi problematika sosial masyarakat perkotaan.

 Problematika sosial masyarakat perkotaan

 Solusi problematika sosial masyarakat perkotaan

Kelompok mahasiswa membuat karya ilmiah

Agama sebagai solusi pembangunan

·   Pendekatan saintifik

·   Model discovery learning

2 x 160 menit

Kebenaran penjelasan

Tingkat komunikatif presentasi

Kerjasama

10 %

 

16

UAJIAN AKHIR SEMESTER

 

 

Daftar Referensi:

  1. Ahmad Faqih, Sosiologi Dakwah Perkotaan Perspektif Teoritik dan Studi Kasus, Semarang: Fatawa Publishing, 2020
  2. Alan Gilbert dan Josef Gugler, Urbanisasi dan Kemiskinan di Dunia Ketiga, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1996
  3. Anne Friday Safaria, dkk, Hubungan Perburuhan di Sektor Informal Permasalahan dan Prospek,  Bandung: Yayasan Akatiga, 2003
  4. Bahrein T Sugihen, Sosiologi Pedesaan, Jakarta:Rajawali Press, 1995
  5. Adon Nasrulloh Jamaludin, Sosiologi Perkotaan Memahami Masyarakat Kota dan Problematikanya, Bandung:Pustaka Setia, 2015
  6. Iwan Nugroho dan Rochmin Dahuri, Pembangunan Wilayah Perspektif Ekonomi Sosial dan Lingkungan, Jakarta: LP3ES, 2004
  7. Hadi Sabari Yunus, Struktur Tata Ruang Kota, Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2000
  8. Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta:RajaGrafindo Persada, 1993
  9. Safri Sairin, Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001

 

Tugas Mahasiswa dan Penilaiannya:

1.      Tugas

Tugas Individu    :  Mahasiswa membuat resume karya ilmiah

Tugas Kelompok :  Mahasiswa secara berkelompok membuat makalah ilmiah hasil observasi

2.      Penilaian

a.      Aspek penilaian:

1)      Aspek kognitif : kelengkapan dan kebenaran penjelasan

2)      Aspek keterampilan : (1) kelengkapan dan ketepatan penjelaan dan ilustrasi. dan (2) tingkat kekomunikatifan presentasi

3)      Sikap dan perilaku   : tanggung jawab, kerjasama, kemandirian

b.      Bobot penilaian

1)      Bobot Nilai Harian (NH)                                         : A (1)

2)      Bobot Nilai Ujian Tengah Semester (UTS) : B (2)

3)      Bobot Nilai Ujian Akhir Semester (UAS)   : C (3)

4)      Nilai Akhir                                                 : A NH + B UTS + C UAS

                                                                                                    A + B + C

 

 

Post a Comment

0 Comments